Senin, 13 Juli 2015

TIPS : Menghemat Baterai iPhone dan iPad

Screenshot Settings di iPad (dok.pribadi)
Rata-rata produk Apple mempunyai kemampuan baterai yang lumayan bagus, namun semuanya tergantung dari pemakaian masing-masing pengguna. Memang sekarang sudah marak powerbank yang bisa kita gunakan untuk nge-charge dimana pun dan kapan pun, bahkan sambail memainkan si gadget.

Tapi kan nggak lucu juga kalau kemana-mana seringkali gadget kita tersambung dengan powerbank, masak kita mau disebut kaum fakir daya. Terus Solusinya apa dong biar nggak terus-terusan iPad atau iPhone kita nyolok powerbank? Jawabannya ya berhemat baterai!

Kalau kita terus-terusan main game di ipad atau iPhone jelas baterainya akan cepat berkurang, tapi terkadang meskipun kita tidak main game-game berat, kok ya berkurang cepat juga ya baterai kita? Ternyata ada beberapa hal di dalam menu settings (pengaturan) yang perlu kita atur ulang.

1. Display dan Brightness
Kita bisa atur kecerahan layar, karena kecerahan layar inilah yang paling banyak menyedot daya baterai. Kita juga bisa mengatur di mode auto yang bisa menyesuaikan kecerahan layar dengan penerangan di sekitarnya disesuaikan otomatis dengan kenyamanan mata kita.

2. Airplane Mode
Jelas kita harus menyalakan airplane mode ketika mulai masuk pesawat. Tapi selain itu, airplane mode perlu kita nyalakan ketika jaringan seluler sulit di dapatkan atau kita berada di blank spot, agar si gadget tidak terus-terusan mencari sinyal yang pada akhirnya akan menguras daya baterai.

3. WiFi dan Bluetooth
Ketika kita tidak menggunakan sambungan WiFi ataupun Bluetooth sebaiknya fitur ini kita matikan agar gadget tidak terus-menerus mencari koneksi karena akan mempercepat berkurangnya daya baterai.

4. Location Services
Menu Location Services dapat kita akses melalui Settings > Privacy > Location Services
Menu ini adalah penunjuk lokasi yang menggunakan gps built in dan jika dihidupkan akan selalu terhubung dengan sinyal gps dan sinyal seluler, sehingga berpengaruh juga terhadap daya baterai. Namun sepengalaman saya sendiri ketika meghidupkan fitur ini terus menerus tidak mengurangi daya baterai secara signifikan. Jadi sebelum mematikan fitur ini, dipertimbangkan terlebih dahulu karena fitur selain untuk geotagging foto, melihat posisi kita di maps, ataupun untuk mengetahui fasilitas-fasilitas publik terdekat dengan kita, juga sangat berguna jika Anda kehilangan iPhone atau iPad Anda, karena jika fitur ini dalam kondisi hidup, Anda bisa langsung mencari keberadaan iPhone atau iPad yang hilang melalui aplikasi Find My iPhone.

5. Background App Refresh
Mematikan fitur ini  bisa menjaga daya tahan baterai lebih lama karena aplikasi tidak bisa me-refresh konten mereka sewaktu-waktu secara otomatis, melainkan hanya bisa dilakukan secara manual jika kita membuka aplikasi tersebut. Aplikasi ini bisa kita akses melalui Settings > General > Background App Refresh.

6. Push or Fetch pada setting Email
Ketika kita menyalakan fitur Push mail maka begitu ada email masuk akan ada notifikasi. Fitur Push Mail ini sangat cocok untuk orang yang seringkali berkomunikasi menggunakan email. namun jika kita jarang berkomunikasi menggunakan email, lebih baik kita memilih opsi Fetch yang secara berkala dalam 15 menit, 30 menit, 1 jam atau dapat kita lakukan secara manual. Karena jika kita mengatur pada mode push mail maka gadget kita akan senantiasa terkoneksi dengan server email kita, sehingga penggunaan baterai menjadi boros. Fitur Push dan Fetch Mail dapat kita akses melalui Settings > Mail, Contacts, Calendars.

Selamat Mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar