Rabu, 01 Juli 2015

Layanan Apple Music

Screenshot Apple Music di iPad (dok.pribadi)
Apple Inc. baru saja meluncurkan 'produk' terbarunya, bukan sebuah gadget melainkan sebuah layanan streaming music, Apple Music.

Untuk bisa menggunakannya, pengguna iphone, ipod touch ataupun ipad harus meng-update sistem operasinya ke iOS versi 8.4, sedangkan untuk pengguna macbook ataupun komputer lainnya hanya perlu untuk update software iTunes terbaru.

Apple music rencananya juga akan ada di platform android, namun pengguna android harus menunggu sampai musim gugur tahun ini.

Nah, layanan streaming music ini menyediakan koleksi musik yang seolah tanpa batas, dan bisa mendengarkan radio musik Beats 1 yang akan mengudara 24jam sehari, 7 hari seminggu.

Untuk menikmati layanan ini, apple menjanjikan gratis membership selama 3 bulan pertama, setelah itu jika kita ingin terus berlangganan dikenai biaya US$9,99 per bulannya, atau untuk paket keluarga yang bisa diakses sampai 6 orang dibanderol US$14,99 per bulannya.

Untungnya untuk region Indonesia, biaya berlangganannya jauh lebih murah daripada di negeri Paman Sam, yaitu 'cuma' Rp69ribu untuk paket individual dan Rp109ribu untuk paket keluarga.

Satu yang perlu diingat bagi Anda yang ingin berlangganan Apple Music, yaitu penggunaan data internet dan perlu kecepatan yang stabil untuk mengaksesnya.

Apple music sepertinya cocok untuk diakses melalui jaringan WiFI unlimited dan berkecepatan tinggi, kalau nggak mau kuota internet kita jebol ataupun buffering terus.

Saya sendiri nggak terlalu berminat berlangganan Apple Music. Masih lebih nyaman beli musik eceran yang benar-benar saya suka di iTunes Store dan mendengarkannya secara offline. Meskipun ada radio musik 24 jam 7 hari seminggu juga tidak begitu menarik untukku. Mungkin karena saya bukan penggemar musik sejati kali ya, haha...

Lebih lengkapnya tentang Apple Music bisa dilihat di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar